Senin, 30 Juli 2018

Infeksi telinga atau Otitis Media Akut

Infeksi telinga atau otitis media akut adalah infeksi telinga tengah. Otitis media akut (infeksi telinga) menggambarkan radang telinga tengah, atau tympanum. Selama infeksi telinga ada cairan di telinga bagian tengah disertai dengan tanda-tanda atau gejala infeksi telinga termasuk gendang telinga menonjol biasanya disertai dengan rasa sakit; atau gendang telinga berlubang, seringkali dengan drainase nanah (bahan bernanah).

Catatan: Seorang anak dengan infeksi telinga yang mengering tidak boleh berenang.

Hampir semua anak memiliki satu atau lebih infeksi telinga pada usia enam tahun. Infeksi telinga adalah diagnosis yang paling sering pada anak-anak yang sakit di AS, terutama yang mempengaruhi bayi dan anak-anak prasekolah.

Kecuali kunjungan kesehatan bayi, infeksi telinga adalah alasan paling umum untuk pergi ke dokter anak, terhitung sekitar 30 juta kunjungan dokter setahun di AS.

Hampir semua anak memiliki satu atau lebih otitis media sebelum usia enam tahun. Anak-anak yang memiliki otitis media akut sebelum usia enam bulan cenderung memiliki lebih banyak infeksi telinga di masa kanak-kanak.

Tujuan dari tabung Eustachian adalah untuk ventilasi telinga tengah, untuk mempertahankan tekanan udara di dalam telinga dan untuk mengeringkan infeksi. Fungsi utama dari tabung Eustachian adalah untuk mengalirkan ruang telinga bagian tengah, memastikan bahwa tekanannya tetap pada tekanan udara sekitar yang normal. Fungsi sekunder dari tabung Eustachian adalah untuk mengeringkan sekresi yang terkumpul, infeksi, atau serpihan dari ruang telinga bagian tengah. Beberapa otot kecil yang terletak di belakang tenggorokan dan langit-langit mengontrol pembukaan dan penutupan tabung. Menelan dan menguap menyebabkan kontraksi otot-otot ini dan membantu mengatur fungsi tabung Eustachian. Jika bukan untuk tabung Eustachio, rongga telinga tengah akan menjadi kantong udara yang terisolasi di dalam kepala yang akan rentan terhadap setiap perubahan tekanan udara, dan mengarah ke telinga yang tidak sehat.

Catatan: Seorang anak dengan infeksi telinga dapat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, tetapi jika tabung Eustachian tidak berfungsi dengan baik, perubahan tekanan udara di pesawat dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Faktor risiko untuk infeksi telinga pada bayi

Bottlefeeding. Pemberian susu botol merupakan faktor risiko untuk otitis media pada bayi. Menyusui melewati kekebalan terhadap anak yang membantu mencegah otitis media akut. Posisi anak yang menyusui lebih baik daripada posisi pemberian botol untuk fungsi tabung Eustachian.

Jika seorang anak perlu disumbat, pegang bayi daripada membiarkan anak berbaring dengan botol adalah yang terbaik. Seorang anak tidak boleh membawa botol ke tempat tidur. Selain meningkatkan kesempatan untuk otitis media akut, tertidur dengan susu di mulut meningkatkan kejadian kerusakan gigi.

 Infeksi telinga itu sendiri tidak menular. Infeksi telinga sering merupakan hasil dari infeksi sebelumnya pada tenggorokan, mulut, atau hidung yang telah direlokasi dan menetap di telinga.

Infeksi telinga tengah disebabkan oleh bakteri dan virus. Bakteri dan virus bertanggung jawab untuk infeksi telinga tengah. Flu biasa, infeksi pernapasan atas virus, adalah penyebab utama infeksi telinga.

Infeksi telinga tengah biasanya terjadi setelah seorang anak mengalami sakit tenggorokan, pilek, atau infeksi saluran pernafasan atas.

Jika infeksi saluran pernapasan atas adalah bakteri, bakteri penyebab infeksi dapat menyebar ke telinga tengah. Setelah infeksi saluran pernapasan atas virus seperti pilek, bakteri dapat berpindah ke telinga tengah sebagai infeksi sekunder.

Gejala infeksi telinga

Gejala infeksi telinga umumnya termasuk gangguan pendengaran dan demam; drainase cairan dan pusing dan kemacetan di telinga. Ciri khas dari infeksi telinga akut adalah tiba-tiba, menusuk rasa sakit di telinga. Rasa sakitnya mungkin lebih buruk ketika berbaring, sehingga sulit untuk tidur. Gejala lain termasuk kesulitan mendengar, demam, drainase cairan dari telinga, pusing, dan kemacetan.

Anak-anak kecil dengan otitis media mungkin mudah tersinggung, rewel, atau memiliki masalah makan atau tidur. Anak yang lebih tua mungkin mengeluh tentang rasa sakit dan kepenuhan di telinga (sakit telinga). Demam bisa muncul pada anak di usia berapa pun. Gejala-gejala ini sering dikaitkan dengan tanda-tanda infeksi pernapasan atas seperti hidung berair atau tersumbat, atau batuk.

Penyebabkan gangguan pendengaran akibat infeksi telinga

Kehilangan pendengaran dapat terjadi sebagai akibat dari infeksi telinga karena penumpukan nanah meredam getaran gendang telinga. Kehilangan pendengaran sementara dapat terjadi selama infeksi telinga karena penumpukan nanah di dalam telinga tengah menyebabkan rasa sakit, dan meredam getaran gendang telinga.

Infeksi telinga yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi seperti meningitis. Infeksi telinga yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius, termasuk mastoiditis (peradangan langka tulang yang berdekatan dengan telinga), gangguan pendengaran, jaringan parut dan / atau perforasi gendang telinga, meningitis, masalah bicara dan perkembangan bahasa, kelumpuhan saraf wajah, dan mungkin - pada orang dewasa - penyakit Meniere.

Catatan: Penyakit Meniere kemungkinan merupakan gangguan aliran cairan di bagian dalam dengan gejala yang meliputi vertigo, tinnitus, dan gangguan pendengaran.

Pilek biasa adalah penyebab utama infeksi telinga. Karena sifat yang sangat menular dari flu biasa, satu strategi untuk pencegahan pilek itu sendiri dan infeksi telinga berikutnya adalah untuk menjaga virus-virus dingin di teluk. Cara paling efektif untuk melakukan ini adalah mencuci tangan yang sering dan teliti. Strategi lain untuk mencegah infeksi telinga akut adalah memastikan seorang anak divaksinasi. Memastikan bahwa seorang anak menerima vaksin flu tahunan dan up to date dengan vaksin pneumococcal nya adalah strategi yang sangat baik digunakan untuk mencegah penyebab paling umum dari infeksi telinga. Garis pertahanan lain melawan infeksi telinga termasuk menghindari asap rokok dan menyusui bayi Anda untuk tahun pertama kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar